Kamis, 12 Desember 2013

Al Imam Asy Syafi’i Sang Pembaharu Islam di Abad Kedua Hijriyyah Oleh: Ustadz Fadhel Ahmad

Pembaca yang berbahagia, sebagai warga muslim di Indonesia tentu nama Imam Syafi’Ibukanlah merupakan nama yang asing untuk didengar, hal ini dikarenakan madzhab beliau adalah madzhab yang diakui sebagai madzhab kebanyakan muslimin di negeri tercinta ini. Tidak ada salahnya kalau kita berusaha untuk mengenal beliau lebih dekat untuk selanjutnya kita bisa memetik keteladanan dari beliaut .

Nama dan nasab(garis keturunan) beliau
       Nama beliau adalah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi’ bin Saaib bin Ubaid bin Abi Yazid bin Hasyim bin Muththalib bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib. Secara nasab beliau dan Nabi  bertemu pada diri Abdu Manaf bin Qushay .Dengan ini kita tahu bahwa beliau termasuk ahlulbait (kerabat Rasulullah). Adapun kunyah (panggilan) beliau adalah Abu Abdillah. Beliau juga digelari sebagai “ Nashirul Hadits” Pembela hadits Nabi dikarenakan  beliau dikenal sebagai orang yang gigih dalam membela dan mengamalkan hadits Nabi

Kelahiran dan masa pertumbuhan beliau

       Imam Syafi’i  dilahirkan  di Desa Ghaza yang masuk wilayah Asqolan pada tahun meninggalnya Imam Abu Hanifah (Imam Hanafi) yaitu tahun 150 H. Demikian kesepakatan para ahli sejarah yang menulis tentang kelahiran beliau. Beliau dilahirkan di tengah keluarga yang miskin,ditambah lagi tatkala sang ibu melahirkannya ia tidak didampingi oleh sang suami yang telah meninggal di saat usia yang masih cukup muda. Sehingga terkumpullah pada diri beliau kemiskinan dan status sebagai anak yatim. Walau demikian beliau tidak patah semangat untuk menimba ilmu agama. Sampai dikisahkan ketika di Makkah sang ibu tidak mampu untuk membayar biaya pendidikan beliau, akan tetapi sang guru merelakannya dikarenakan kecerdasan dan prestasi beliaut.

       Setelah dua tahun menetap di Ghaza beliau diajak ibunya untuk pindah ke Makkah. .Mulailah beliau secara intensif menghafal Al Qur’an hingga akhirnya beliau sanggup menghafal al Quran pada usia tujuh tahun, dan diusia sepuluh tahun beliau hafal isi kitab AlMuwattho’ karya Imam Malik. Menginjak usia lima belas atau delapan belas beliau diijinkan oleh guru beliau Syaikh Muslim bin Kholid az Zanji untuk berfatwa. Disamping itu beliau juga sibuk mempelajari sya’ir dan ilmu bahasa arab. Beliau mengambil dua cabang ilmu ini langsung melalui sumbernya yaitu suku Hudzail yang dikatakan sebagai suku paling fasih bahasa arabnya hingga beliau juga dikenal sebagai ahli bahasa arab. Selain itu beliau juga mempelajari ilmu hadits dan Al Qur’an dengan sanad (rantai periwayatan hadits) sampai kepada Rasulullahn.

Perjalanan menuntut ilmu
       Menginjak usia tiga belas tahun beliau sudah sering bolak balik  Makkah    Madinah dalam menuntut ilmu agama walaupun sesungguhnya beliau lebih banyak tinggal di Madinah. Di sana beliau bertemu dan berguru kepada Imam Darul Hijrah Imam Malik bin Anas dan beliaupun sempat membacakan kitab al Muwattho’ di hadapan Imam Malik berdasarkan hafalannya. Di kota Madinah beliau juga banyak mengambil ilmu dari para Ulama besar yang lainSelain Makkah dan Madinah, beliau juga pernah menuntut ilmu hingga ke beberapa tempat lain yaitu Yaman dan Baghdad.

Guru – guru beliau
         Beliau mengambil ilmu dari banyak ulama di negerinya diantara mereka adalah Muslim bin Kholid az Zanji, Muhammad bin Syafi’(paman beliau), Abbas (kakek beliau), Sufyan bin Uyainah, Fudhail bin Iyadh. Demikian pula beliau mengambil ilmu dari ulama Madinah diantaranya adalah Malik bin Anas, Ibrahim bin Abu Yahya Al Aslami Al Madani, Abdul Aziz addarawardi dan masih banyak lagi. Beliau juga mengambil ilmu dari para ulama Yaman danBaghdad seperti Hisyam bin Yusuf al Qodhi dan Sufyan bin Ulayah


Murid murid beliau
Murid murid beliau yang menonjol diantaranya:
-          Imam Ahmad Bin Hanbal
-          Ishaq bin Rahawaih
-          Harmalah bin yahya, dan masih banyak lagi.

Mujaddid (Pembaharu) di abad ke dua hijriyyah
       Demikianlah predikat yang telah masyhur melekat pada diri Imam Syafii. Adanya istilah “pembaharu dalam Islam” adalah sebagaimana sabda Nabi :
 ِإِنَّ اللَّه يَبْعَثُ لِهَذِهِ الْأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَة سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِيْنَهَ
Artinya : Sesungguhnya Allah akan mengutus (menghadirkan)bagi ummat ini (ummat Islam) orang yang akan memperbaharui (urusan) agama mereka pada setiap akhir seratus tahun. ( HR Abu Daud , al Hakim dan at Thabarani dan di Shahihkan al Hakim ,al Iraqi dan Ibnu Hajjar juga Syaikh al Albani).
Arti Mujaddid  adalah seseorang yang menghidupkan dan menyerukan kembali ajaran Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan As-Sunnah setelah sebelumnya banyak ditinggalkan oleh manusia,  dengan cara menyebarkan ilmu yang benar dan lurus, mengajak manusia kepadatauhid melarang kepada syirik ,mengajak kepada sunnah dan menjauhi bid’ah. (lihat aunul ma’bud). Imam Ahmad bin Hanbal berkata “….(pembaharu pada akhir seratus tahun kedua hijriyyah adalah imam Syafii ( dinukil oleh adz-Dzahabi dalam kitabnya Siyar A’lam an-Nubala’). Selain itu ulama lainnya, Imam Ibnu Hajjar berkata “ Beliau adalah Mujaddid urusan Islam pada akhir seratus tahun kedua ( lihat kitab Taqribut Tahdzib). Hingga dalam kitab aunul ma’bud disebutkan bahwa “para Ulama Ahlussunnah sepakat bahwa beliau adalahMujaddid di abad kedua hijriyyah”.

Pujian Para Ulama terhadap beliau
Dalam kitab Tahdzibut tahdzib karya Ibnu Hajar Asqolani, disebutkan pujian para ulama terhadap beliau. Imam Abu Dawud berkata: “Asy Syafi’i belum pernah keliru dalam meriwayatkan hadits”. Imam Nasa’i berkata: “Asy Syafi’i di sisi kami adalah seorang ulama yang terpercaya lagi amanah”.Dalam Muqoddimah kitab ar-Risalah karya imam Syafi’i oleh syaikh Ahmad Syakir  disebutkan bahwa Imam Ahmad berkata:”Kalau bukan karena Asy-Syafi’i (atas kehendak Allah) niscaya kami tidak bisa memahami hadits dengan baik”. Adz-Dzahabi menjuluki beliau sebagai nashirus-sunnah (pembela sunnah) dalam kitab SiyarA’lam an-Nubala’.

Ucapan –ucapan indah dari imam Syafii
         Beliau berkata :”Kaum Muslimin bersepakat bahwa siapa yang telah mendapat keterangan jelas dari hadits Nabi tidak halal bagi dia meninggalkannya hanya karena ucapan seseorang” (dari kitab al iqazh karya.alfullani hal 68).Dalam kesempatan lain beliau berkata : “Apabila kalian mendapati di dalam kitabku pendapat yang menyelisihi sunnah (aturan) Rasulullah n maka peganglah sunnah tersebut dan tinggalkan pendapatku” (dari kitab dzammul kalam alharawi 3/47/1, al majmu' karya an-Nawawi 1/63, al Hilyah karya abu nu'aim 9/107)Selanjutnya dalam kesempatan yang lain beliau berkata : “Segala apa yang saya ucapkan sementara keterangan yang shahih dari Nabi berbeda dengan ucapan tersebut maka hadits/keterangan dari Nabi lebih pantas untuk diikuti dan janganlah kalian bertaqlid (mengikuti) kepadaku” (dari kitab adabusy syafii karya.ibnu abi hatim hal 93, ibnu asakir dlm tarikh dimasyq)Beliau juga pernah berkata:”Segala permasalahan yang terdapat khobar (hadits) yang shahih dari Rasulullah dan itu menyeiesihi pendapatku, maka aku rujuk kepadanya baik ketika aku masih hidup ataupun sudah meninggal” (dari kitab al hilyah 9/107 karya abu nu'aim, ibnul qoyyim dlm al i'lam 2/363)Dan masih banyak lagi ucapan Imam Syafi’i yang semakna demikian juga ucapan –ucapan ulama yang lain.

Karya-karya beliau
       Karya-karya beliau kurang lebih mencapai 200 kitab. Adapun di antaranya yang paling populer adalah kitab Al Umm dalam bidang fiqih yang mencapai empat jilid berisi 128 Permasalahan dan ar Risalah al Jadidah (yang telah direvisi beliau) dalam bidang ushul fiqih mencapai satu jilid tebal.

Wafat Beliau
       Beberapa tahun sebelum akhir hayatnya, beliau pindah dari Baghdad ke Mesir di tahun 200H. Sebelum beliau wafat, beliau menderita penyakit wasir yang selalu mengeluarkan darah. Semakin lama penyakit tersebut semakin parah sehingga akhirnya beliau wafat pada hari kamis malam jum’at setelah shalat Isya di akhir bulan Rajab tahun 204 H dalam usia 54 tahun di Mesir. Rahimahullah rahmatan wasi’ah
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar