Kamis, 21 Juli 2011

Biografi Mufti Arab Saudi Saat Ini

بسم الله الرحمن الرحيم
SYAIKH ABDUL AZIZ BIN ABDULLAH ALU SYAIKH HAFIDHAHULLAHU TA’ALA
NASAB BELIAU
Beliau adalah Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Lathif  bin Abdurrahman bin Hasan bin Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.
WAKTU DAN TEMPAT LAHIR BELIAU
Beliau dilahirkan pada tanggal 3-12-1362 H (1 Desember 1943 M) di Makkah Al Mukarramah.
PERTUMBUHAN BELIAU
Sejak lahir, penglihatan beliau lemah hingga akhirnya hilang pada tahun 1381 H (1962 M). Pada tahun 1370 H (1951 M), ayah beliau wafat. Ketika itu beliau masih kecil dan umur beliau belum sampai delapan tahun.
Beliau mulai menuntut ilmu dengan belajar Al Quranul Karim di Masjid Ahmad bin Sinan. Beliau hafal Al Quran pada tahun 1373 H (1954 M) ketika berumur 12 tahun. Kemudian beliau menuntut ilmu kepada beberapa ulama di halaqah-halaqah  ta’lim. Pada tahun 1375-1380 H (1956-1961 M) beliau belajar di Ma’had Imam Ad Da’wah Al Ilmu Riyadh. Setelah itu, beliau  belajar di Fakultas Syariah Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud di Riyadh dan lulus pada tahun 1383/1384 (1964/1965 M) dengan kualifikasi Licant (Lc atau S1) dalam ilmu-ilmu syariah dan bahasa Arab. Walaupun sudah belajar di ma’had dan  universitas, beliau masih menghadiri halaqah-halaqah para ulama di masjid-masjid.
GURU-GURU BELIAU
Beliau memiliki banyak guru, di antara mereka yaitu :
1.     Asy Syaikh Muhammad bin Sinan. Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh belajar Al Qur’an hingga menyelesaikan hafalannya di bawah bimbingan beliau.
2.     Samahatusy Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Mufti Saudi yang pertama. Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh belajar kitabut Tauhid, Al Ushul Ats Tsalatsah, dan Al Arba’in An Nawawiyyah kepada beliau.
3.     Asy Syaikh Abdul Aziz Asy Syitsri. Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh belajar Umdatul Ahkam dan Zadul Mustaqni’ kepada beliau pada tahun 1375-1376 H (1956-1957 M).
4.     Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Mufti Saudi yang kedua dan Ketua Haiah Kibaril Ulama saat itu. Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh  belajar Faraidh kepada beliau pada tahun 1377 (1958 M) dan 1380 H (1961 M).
5.     Asy Syaikh Abdul Aziz bin Shalih Al Mursyid. Kepada beliau, Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh belajar Faraidh, Nahwu, dan Tauhid pada tahun 1379 H (1960 M).
KEDUDUKAN SEBAGAI IMAM MASJID DAN KHATIB

1.     Pada tahun 1389 H (1970 M), beliau menjadi imam dan khatib masjid Jami’ Syaikh Muhammad bin Ibrahim di Dukhnah Riyadh setelah wafatnya Syaikh Muhammad bin Ibrahim pada tahun tersebut.
2.     Pada bulan Ramadhan di tahun yang sama, beliau ditunjuk sebagai khatib di masjid Jami’ Al Kabir Riyadh.
3.     Beliau memegang posisi sebagai imam shalat Jumat di Masjid Syaikh Abdullah bin Abdul Lathif dari tahun 1390 H (1971 M).
4.     Pada tahun 1402 H (1981 M), beliau ditunjuk sebagai khatib di Masjid Namirah di Arafah.
5.     Pada bulan Ramadhan tahun 1412 H (1991 M), beliau ditunjuk sebagai imam dan khatib di Masjid Jami Imam Turki bin Abdullah di Riyadh hingga saat ini.

AKHLAK BELIAU
Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh hafidhahullah tumbuh dengan baik (shalih) sejak kecil. Beliau juga memiliki sifat wara’, takwa, ikhlas, nasehat terhadap pemerintah dan kaum muslimin secara umum, cinta dan lembut kepada banyak orang, khususnya kepada para penuntut ilmu.

TINGKATAN PROFESI BELIAU
1.     Setelah lulus dari Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud di Riyadh, beliau ditunjuk sebagai pengajar di Ma’had Imam Ad Da’wah Al ‘Ilmi Riyadh sejak tanggal 1-7-1384 H (6 November 1964 M) sampai tahun 1392 H (1972 M).
2.  Ustadz musa’id di Fakultas Syariah Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud Riyadh sejak 7-5-1399 H (4 April 1979 M) sampai tahun 1412 H (1991 M).
3.    Ustadz musyarik di Fakultas Syariah dan Ma’had Al ‘Ali Lil Qadha’ (Fakultas Hukum) Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud Riyadh sejak tanggal 13-11-1400 H (23 September 1980 M).
Di samping mengajar, beliau juga berpartisipasi dalam berbagai macam pertemuan ilmiah di kampus tersebut. Beliau pun turut memberikan bimbingan dan diskusi terhadap beberapa tesis Magister dan Doktoral pada Fakultas Syariah, Ushuluddin, dan Ma’had Al ‘Ali Lil Qadha di universitas tersebut dan Universitas Ummul Qura’ Makkah Fakultas Syariah.
4.     Pada bulan Syawal tahun 1407 H (1986 M) beliau ditunjuk oleh pemerintah sebagai anggota Haiah Kibaril Ulama.
5.     Beberapa tahun kemudian beliau pindah dari Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud karena ditunjuk sebagai anggota pemberi fatwa di Departemen Riset Ilmiah dan Fatwa Riyadh dengan surat keputusan No.1/76 tanggal 15-7-1412 H (20 Januari 1992 M).
6.     Pada tahun 1416 H terbitlah perintah kerajaan dengan nomor 838 tanggal 25-8-1416 H (16 Januari 1996) berisi penunjukkan beliau sebagai wakil mufti Kerajaan Arab Saudi.
7.     Setelah Samahatusy Syaikh Abdul Bin Baz rahimahullah wafat, terbitlah perintah kerajaan dengan no. A/20 tertanggal 29-1-1420 H (15 Mei 1999 M) berisi penunjukkan beliau sebagai mufti Kerajaan Arab Saudi sekaligus ketua Haiah Kibaril Ulama dan Idaroh Buhuts ‘Ilmiyyah wal Ifta (Departemen Riset Ilmiah dan Fatwa). Jabatan mufti di Arab Saudi adalah jabatan setingkat menteri.

SEMANGAT BELIAU DALAM MENYEBARKAN ILMU
Walaupun beliau sudah pindah dari Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud, tetapi karena kerjasama beliau yang terus berlanjut dengan universitas tersebut, hubungan beliau tetap terjalin. Hal itu terlihat dengan kadang-kadang beliau masih mengajar di Ma’had Al ‘Ali Lil Qadha dan membimbing beberapa diskusi karya ilmiah magister dan doktoral. Diskusi karya ilmiah yang terakhir beliau ikuti adalah yang dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin pada hari Rabu tanggal 26-1-1420 H (12 Mei 1999 M).
Beliau juga turut berpartisipasi memberikan fatwa dalam acara radio (di antaranya adalah acara Fatwa Nur ‘Ala Ad Darb dari tahun 1414 H (1993 M), begitu pula dalam acara keagamaan di media-media lain. Beliaupun sering hadir dalam acara-acara ilmiah, seminar, ceramah dan penyampaian pelajaran. Beliau memiliki halaqah di Masjid Jami’ Al Imam Turki di Riyadh. Selain di Riyadh, beliau juga mempunyai jadwal khusus untuk berdakwah di Thaif hingga saat ini.

SITUS RESMI BELIAU : http://www.mufti.af.org.sa
Sumber :

Kajian Islam Bulan Ramadhan di Boja Kendal

Bismillah

 Dalam rangka mengisi kegiatan bulan ramadhan Majelis taklim As Sunnah Kendal insya Allah akan mengadakan kajian khusus bulan ramadhan dengan materi :

     1    kitab      : Sifat Shaum Nabi karya Syaikh Salim bin id Al hilaly dan Ali hasan Al halaby.
          pemateri: Al Ust Zainal Abidin
          waktu    : Setiap Hari Jumat Pkl 16:00 WIB
         tempat    : Masjid Desa Bebengan Boja Kendal

    2    kitab      : Alminhaturrobbaniyyah syarh Al Arbain An Nawawiyyah karya Syaikh DR Shalih Al Fauzan
         pemateri :  Abu Abdilmuhsin Fadl Ahmad
         waktu    :  Setiap Hari Ahad/Minggu Pkl 16:00 WIB
         tempat  :   Masjid Desa Bebengan Boja Kendal



Penyelenggara: Majelis Taklim As Sunnah Boja Kendal
info     085325576972 ( Fadl Ahmad)       

Rabu, 13 Juli 2011

4th DVD MP3 Daurah Nasional Fiqih & Ushul Fiqih

Alhamdulillah, kami dari Panitia Daurah Nasional Fiqih dan Ushul Fiqih menghadirkan rekaman pelajaran Daurah Nasional Fiqih dan Ushul Fiqih selama 9 hari yang dilaksanakan sejak tanggal 16-24 Rajab 1432 H / 18-26 Juni 2011 di Ponpes As-Sunnah Makassar Jl. Baji Rupa No.8 Makassar, yang diisi oleh Ustadz Dzulqarnain bin Muhammad Sunusi. Rekaman tersebut kami arsipkan dalam bentuk DVD yang berjumlah sekitar 46 file audio yang totalnya berkapasitas sekitar 3,2 GB (1 DVD). Berikut ini adalah daftar isinya :
1. Rekaman 100 Kaidah Ilmu Fiqih
2. Rekaman Kaidah Ushul Fiqih
3. Taushiyah (ba’da dhuhur) yang diisi oleh beberapa ustadz yang juga mengikuti Daurah Nasional Fiqih dan Ushul Fiqih ini.
4. Rekaman tanya jawab dari Peserta yang hadir di lokasi daurah dan yang mendengarkan via Radio Streaming www.an-nashihah.com (termasuk rekaman khusus sesi tanya jawab di hari terakhir daurah yang berdurasi sekitar 1 jam 19 menit)
5. Gratis E-Book materi Kitab yang dibahas dalam Daurah Nasional Fiqih dan Ushul Fiqih.
Harga 1 DVD = Rp 57.000
Cara pemesanan :
Silahkan kirimkan sms dengan format NAMA#ALAMAT#JUMLAH PESANAN ke 085299057243 .
Contoh : AHMAD#JL. Perintis Kemerdekaan VII No. 9#2 DVD
Silahkan menunggu sampai ada balasan dari kami tentang berapa total biaya yang akan Anda kirim (termasuk ekpedisi pengiriman dan tujuan rekening pembayaran).
Jika Anda menginginkan untuk menghadiahkannya kepada rekan/keluarga Anda, silahkan kirimkan SMS dengan format HADIAH#NAMA & ALAMAT ANDA#NAMA & ALAMAT PENERIMA HADIAH.
Catatan :
1. DVD yang kami gunakan adalah DVD Ben-Q
2. Untuk pengiriman kami sarankan menggunakan TIKI karena lebih dekat dengan lokasi Ma’had As-Sunnah Makassar

Selasa, 05 Juli 2011

Kajian Ahlussunnah wal jamaah Boja-Kendal

Bismillah
Insya Allah akan di adakan kajian rutin  Ahlussunnah waljamaah sepekan sekali di kota Boja Kab Kendal Jateng

Materi  : Tauhid (kitab al ushul ats tsalatsah)

Pemateri  : Al Ustadz Zaenal Abidin

Waktu  : Jumat Malam Bada Maghrib-Bada Isya

Tempat  : Masjid Desa Bebengan Kec Boja Kab Kendal

Informasi : Ust Abdullah Ari 085727876683 , Ust Zaenal Abidin 082134580849 Abu Abdilmuhsin fadl ahmad 082134860513/081901530473

Peyelenggara ; Majelis Taklim As-Sunnah Boja Kendal Jateng Hp 085727876683

Senin, 04 Juli 2011

Imam Asy Syaukani (wafat 172-250H)

Nama dan Nasabnya
Beliau adalah al Imam al Qadhi Abu Ali Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Abdullah asy-Syaukani, ash-Shan’ani.
Kelahiran Beliau
Beliau dilahirkan pada tengah hari 28 Dzulqa’dah 172 H di Hijratu Syaukan, Yaman.
Pertumbuhan Beliau
Beliau tumbuh di bawah asuhan ayahandanya dalam lingkungan yang penuh dengan keluhuran budi dan kesucian jiwa. Beliau belajar al-Qur’an di bawah asuhan beberapa guru dan dikhatamkan di hadapan al-Faqih Hasan bin Abdullah al Habi dan beliau perdalam kepada para masyayikh al-Qur’an di Shan’a. Kemudian beliau menghafal berbagai matan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti: al Azhar oleh al Imam al Mahdi, Mukhtashar Faraidh oleh al Ushaifiri, Malhatul Harm, al Kafiyah asy Syafiyah oleh Ibnul Hajib, at-Tahdzib oleh at-Tifazani, at-Talkhish fi Ulumil Balaghah oleh al Qazwaini, al Ghayah oleh Ibnul Imam, Mamhumah al Jazarifil Qira’ah, Mamhumah al Jazzar fil ‘Arudh, Adabul Bahts wal Munazharah oleh al Imam al-’ Adhud.
Pada awal belajarnya beliau banyak menelaah kitab-kitab tarikh dan adab. Kemudian beliau menempuh perjalanan mencari riwayat hadits dengan sama dan talaqqi kepada para masyayikh hadits hingga beliau mencapai derajat imamah dalam ilmu hadits. Beliau senantiasa menggeluti ilmu hingga berpisah dari dunia dan bertemu Rabbnya.
Guru-guru
Di antara guru-guru beliau ialah:
  1. Ayahanda beliau yang kepadanya beliau belajar Syarah al-Azhar dan Syarah Mukhtashar al-Hariri.
  2. As Sayyid al Allamah Abdurrahman bin Qasim al Madaini, beliau belajar kepadanya Syarah al-Azhar.
  3. Al Allamah Ahmad bin Amir al Hadai, beliau belajar kepadanya Syarah al-Azhar.
  4. Al Allamah Ahmad bin Muhammad al-Harazi, beliau berguru kepadanya selama 13 tahun, mengambil ilmu fiqih, mengulang-ulang Syarah al Azhar dan hasyiyahnya, serta belajar bayan Ibnu Muzhaffar dan Syarah an-Nazhiri dan hasyiyahnya.
  5. As Sayyid al Allamah Isma’il bin Hasan, beliau belajar kepadanya al-Malhah dan Syarahnya.
  6. Al Allamah Abdullah bin Isma’il as-Sahmi, beliau belajar kepadanya Qawaidul I’rab dan Syarahnya serta Syarah al Khubaishi ‘alal Kafiyah dan Syarahnya.
  7. Al Allamah al Qasim bin Yahya al-Khaulani, beliau belajar kepadanya Syarh as Sayyid al-Mufti ‘alal Kafiyah, Syarah asy-Syafiyah li Luthfillah al Dhiyats, dan Syarah ar-Ridha ‘alal Kafiyah.
  8. As Sayyid al Allamah Abdullah bin Husain, beliau belajar kepadanya Syarah al fami ‘alal Kafiyah.
  9. Al Allamah Hasan bin Isma’il al Maghribi, beliau belajar kepadanya Syarah asy- Syamsiyyah oleh al Quthb dan Syarah al- ‘Adhud ‘alal Mukhtashar serta mendengarkan darinya Sunan Abu Dawud dan Ma’alimus Sunan.
  10. As Sayyid al Imam Abdul Qadir bin Ahmad, beliau belajar kepadanya Syarah Jam’ul Jawami’ lil Muhalli dan Bahruz Zakhkhar serta mendengarkan darinya Shahih Muslim, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Muwaththa Malik, dan Syifa’ Qadhi ‘lyadh.
  11. Al Allamah Hadi bin Husain al-Qarani, beliau belajar kepadanya Syarah al-Jazariyyah.
  12. Al Allamah Abdurrahman bin Hasan al Akwa, beliau belajar kepadanya Syifa al Amir Husain.
  13. Al Allamah Ali bin Ibrahim bin Ahmad bin Amir, beliau mendengarkan darinya Shahih Bukhari dari awal hingga akhir.
Murid-muridnya
Di antara murid-murid beliau ialah: kedua putra beliau yakni al Allamah Ali bin Muhammad asy Syaukani dan al Qadhi Ahmad bin Muhammad asy Syaukani, al Allamah Husain bin Muhasin as-Sab’i al Anshari al Yamani, al Allamah Muhammad bin Hasan asy Syajni adz Dzammari, al Allamah Abdul Haq bin Fadhl al-Hindi, asy-Syarif al Imam Muhammad bin Nashir al Hazimi, Ahmad bin Abdullah al Amri, as Sayyid Ahmad bin Ali, dan masih banyak lagi.
Kehidupan llmiah
Beliau belajar fiqih atas madzhab al Imam Zaid sehingga mumpuni. Beliau menulis dan berfatwa sehingga menjadi pakar dalam madzhab tersebut. Kemudian beliau belajar ilmu hadits sehingga melampaui para ulama di zamannya. Kemudian beliau melepaskan diri dari ikatan taklid kepada madzhab Zaidiyyah dan mencapai tingkat ijtihad.
Beliau menulis kitab Hadaiqil Azhar al-Mutadaffiq ‘ala Hadaiqil Azhar. Dalam kitab tersebut beliau mengkritik beberapa permasalahan dalam kitab Hadaiqil Azhar yang merupakan rujukan utama madzhab Zaidiyyah dan meluruskan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam kitab tersebut. Maka bergeraklah para muqallidin (orang yang selalu taklid, mengikuti pendapat orang lain tanpa berusaha mencari ilmunya red.) membela kitab tersebut sehingga terjadilah perdebatan yang panjang.
Tidak henti-hentinya beliau mengingatkan umat dari taklid yang tercela dan mengajak umat agar ittiba kepada dalil. Beliau menulis risalah dalam hal tersebut yang berjudul al Qaulul Mufiid fi Hukmi Taqlid.
Aqidahnya
Aqidah beliau adalah aqidah salaf yang menetapkan sifat-sifat Alloh yang datang dalam Kitab dan Sunnah shahihah tanpa mentakwil dan mentahrif. Beliau menulis risalah dalam aqidah yang berjudul at Tuhaf bi Madzhabis Salaf.
Beliau gigih mendakwahi umat kepada aqidah salafiyyah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Demikian juga, beliau selalu berusaha mensucikan aqidah dari kotoran-kotoran kesyirikan.
Beliau Menjabat Sebagai Qadhi Negeri Yaman
Pada tahun 209 H meninggallah Qadhi Yaman, Syaikh Yahya bin Shalih asy Syajari as Sahuli. Maka Khalifah al Manshur meminta kepada al Imam asy Syaukani agar menggantikan Syaikh Yahya sebagai qadhi negeri Yaman.
Pada awalnya beliau menolak jabatan tersebut karena takut akan disibukkan dengan jabatan tersebut dari ilmu. Maka datanglah para ulama Shan’a kepada beliau meminta agar beliau menerima jabatan tersebut, karena jabatan tersebut adalah rujukan syar’i bagi para penduduk negeri Yaman yang dikhawatirkan akan diduduki oleh seseorang yang tidak amanah dalam agama dan keilmuannya. Akhirnya beliau menerima jabatan tersebut. Beliau menjabat sebagai Qadhi Yaman hingga beliau wafat pada masa pemerintahan tiga khalifah: al Manshur, al Mutawakkil, dan al Mahdi. Ketika beliau menjabat sebagai qadhi maka keadilan ditegakkan, kezhaliman diberi pelajaran, penyuapan dijauhkan, fanatik buta dihilangkan, dan beliau selalu mengajak umat kepada ittiba terhadap Kitab dan Sunnah.
Tulisan-tulisanya
Di antara tulisan-tulisan beliau ialah:
  1. Adabu Thalib wa Muntahal Arib.
  2. Tuhfatu Dzakirin.
  3. Irsyadu Tsiqat ila Ittifaqi Syarai’ ‘ala Tauhid wal Ma’ad wan Nubuwat.
  4. Ath Thaudul Muniffil Intishaf lis Sad minasy Syarif.
  5. Syifaul ilal fi Hukmu Ziyadah fi Tsaman li Mujarradil Ajal.
  6. Syarhu Shudur fi Tahrimi Raf’il Qubur.
  7. Thibu Nasyr fi Masailil Asyr.
  8. Shawarimul Hindiyyah al Maslulah ‘alar Riyadhan Nadiyyah.
  9. Al Qaulush Shadiq fi Hukmil Imamil Fasiq.
  10. Risalah fi Haddi Safar Aladzi Yajibu Ma’ahu Qashru Shalat.
  11. Tasynifu Sam’i bi Ibthali Adillatil Jam’i.
  12. Risalah al Mukammilah fi Adillatil Basamalah.
  13. Iththila’u Arbabil Kamal ‘ala Ma fi Risalatil Jalal fil Hilal minal Ikhtilal.
  14. Tanbih Dzawil Hija ‘ala Hukmi Bai’ir Riba.
  15. Al Qaulul Muharrar fi Hukmi Lubsil Mu’ashfar wa Sairi Anwa’il Ahmar.
  16. Uqudul Zabarjad fi Jayyidi Masaili Alamati Dhamad.
  17. Ibthali Da’wal Ijma ‘ala Tahrimis Sama’.
  18. Zahrun Nasrain fi Haditsil Mu’ammarin.
  19. Ittihaful Maharah fil Kalam’ala Hadits: “La ‘Adwa wa La Thiyarah.”
  20. Uqudul Juman fi Bayani Hududil Buldan.
  21. Hallul Isykal fi Ijbaril Yahud ‘ala Iltiqathil Azbal.
  22. Al Bughyah fi Mas’alati Ru’yah.
  23. Irsyadul Ghabi ila Madzhabi Ahlil Bait fi Shabin Nabi.
  24. Raf’ul Junah an Nafil Mubah.
  25. Qaulul Maqbul fi Raddi Khabaril Majhul min Ghairi Shahabatir Rasul.
  26. Amniyyatul Mutasyawwiq ila Ma’rifati Hukmi ‘Ilmil Manthiq.
  27. Irsyadul Mustafid ila Daf’i Kalami Ibnu Daqiqil ‘Id fil Ithlaq wa Taqyid.
  28. Bahtsul Musfir an Tahrimi Kulli Muskir.
  29. Dawa’ul Ajil li Daf’il Aduwwi Shail.
  30. Durru Nadhid fi Ikhlashi Kalimati Tauhid.
  31. Risalah fi Wujubi Tauhidillah.
  32. Nailul Author Syarh Muntaqal Akhbar.
  33. Maqalah Fakhirah fi Ittifaqi Syarai’ ‘ala Itsbati Daril Akhirah.
  34. Nuzhatul Ahdaq fi Ilmil Isytiqaq.
  35. Raf’u Ribah fi Ma Yajuzu wa Ma La Yajuzu minal Ghibah.
  36. Tahrirud Dalail ‘ala Miqdari Ma Yajuzu bainal Imam wal Mu’tamm minal Irtifa’ wal Inkhifadh wal Bu’du wal Hail.
  37. Kasyful Astar fi Hukmi Syuf’ati bil Jiwar.
  38. Wasyyul Marqum fi Tahrimi Tahalli bidz Dzahab lir Rijal minal Umum.
  39. Kasyful Astar fi Ibthalil Qaul bi Fanain Nar.
  40. Shawarimul Haddad al Qathi’ah li ‘Alaqi Maqali Ahlil Ilhad.
  41. Isyraqu Nirain fi Bayanil Hukmi Idza Takhallafa ‘anil Wa’di Ahadul Khashmain.
  42. Hukmu Tas’ir.
  43. Natsrul Jauhar fi Syarhi Hadits Abi Dzar.
  44. Minhatul Mannan fi Ujratil Qadhi was Sajjan.
  45. Risalah fi Hukmil ‘Aul.
  46. Tanbihul Amtsal ‘ala Jawazil Isti’anah min Khalishil Mal.
  47. Qathrul Wali fi Ma’rifatil Wali.
  48. Taudhih fi Tawaturi Ma Ja’a fil Mahdil Muntazhar wad Dajjal wal Masih.
  49. Hukmul Ittishal bis Salathin.
  50. Jayyidu Naqd fi ‘Ibaratil Kasysyaf was Sa’d.
  51. Bughyatul Mustafid fi Raddi ‘ ala Man Ankaral Ijtihad min Ahli Taqlid.
  52. Radhul Wasi’ fid Dalil Mani’ ‘ala Adami Inhishari Ilmil Badi’.
  53. Fathul Khallaq fi Jawabi Masail Abdirrazaq.
Wafatnya
Al-Imam asy-Syaukani wafat pada malam Rabu 27 Jumada Tsaniyyah 250 H di Shan’a. Semoga Alloh meridhai beliau dan menempatkan beliau dalam keluasan jannah-Nya. ahlulhadits.wordpres.com

Abdul Qadir Al Jailani (471-561 H)

Biografi Syaikh Abdul Qadir Al Jailani termuat dalam kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Tetapi, buku ini belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Beliau adalah seorang ulama besar sehingga suatu kewajaran jika sekarang ini banyak kaum muslimin menyanjungnya dan mencintainya. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat beliau berada di atas Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka hal ini merupakan suatu kekeliruan. Karena Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah rasul yang paling mulia di antara para nabi dan rasul yang derajatnya tidak akan pernah bisa dilampaui di sisi Allah oleh manusia siapapun.
Ada juga sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah (perantara) dalam do’a mereka. Berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaraannya. Ini juga merupakan kesesatan.
Menjadikan orang yang sudah meninggal sebagai perantara tidak ada syari’atnya dan ini sangat diharamkan. Apalagi kalau ada yang berdo’a kepada beliau. Ini adalah sebuah kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan salah satu bentuk ibadah yang tidak boleh diberikan kepada selain Allah. Allah melarang makhluknya berdo’a kepada selainNya. Allah berfirman, yang artinya:
Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” (QS. Al Jin:18)
Kelahirannya
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang ‘alim di Baghdad yang lahir pada tahun 490/471 H di kota Jailan atau disebut juga Kailan. Sehingga di akhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy.
Pendidikannya
Pada usia yang masih muda beliau telah merantau ke Baghdad dan meninggalkan tanah kelahirannya. Di sana beliau belajar kepada beberapa orang ulama seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthath, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Mukharrimi sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama.
Pemahamannya
Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau. Beliau adalah seorang alim yang beraqidah ahlus sunnah mengikuti jalan Para Pendahulu Islam Yang Sholeh. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak pula orang yang membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, para sahabatnya dan lainnya.
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, “Dia (Allah) di arah atas, berada di atas ‘ArsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala sesuatu. “Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadits-hadits, lalu berkata, “Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ (Allah berada di atas ‘ArsyNya) tanpa takwil (menyimpangkan kepada makna lain, -seperti Allah dihati atau dimana-mana, ini adalah keyakinan batil-). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah Subhanahu wa Ta’ala di atas ‘Arsy.
Dakwahnya
Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil di sebuah daerah yang bernama Babul Azaj dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Syaikh Abdul Qadir. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim di sana sambil memeberikan nasehat kepada orang-orang yang ada di sana, sampai beliau meninggal dunia di daerah tersebut.
Banyak sudah orang yang bertaubat demi mendengar nasihat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah ini tidak kuat menampungnya. Maka diadakan perluasan.
Imam Adz Dzahabi dalam menyebutkan biografi Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin Nubala, menukilkan perkataan Syaikh sebagai berikut, “Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama terkenal, seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Ibnu Qudamah penyusun kitab fiqh terkenal Al Mughni.
Wafatnya
Beliau Wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
Pendapat Para Ulama tentang Beliau
Ketika ditanya tentang Syaikh Abdul Qadir Al jailani, Ibnu Qudamah menjawab, “Kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian kepada kami. Kadang beliau mengutus putra beliau Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Terkadang beliau juga mengirimkan makanan buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Ibnu Rajab di antaranya mengatakan, “Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syaikh, baik ulama dan para ahli zuhud. Beliau memiliki banyak keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (orang Mesir) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya). Cukuplah seorang itu dikatakan berdusta, jika dia menceritakan segala yang dia dengar. Aku telah melihat sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tenteram untuk meriwayatkan apa yang ada di dalamnya, kecuali kisah-kisah yang telah masyhur dan terkenal dari kitab selain ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh (dari agama dan akal), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak terbatas. Semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Kemudian aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far al Adfawi telah menyebutkan bahwa Asy Syathnufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini.”
Ibnu Rajab juga berkata, “Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki pendapat yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang banyak berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang pada sunnah. “
Imam Adz Dzahabi mengatakan, “intinya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjanjikan (ampunan atas kesalahan-kesalahan orang-orang beriman). Namun sebagian perkataannya merupakan kedustaan atas nama beliau.”
Imam Adz Dzahabi juga berkata, “Tidak ada seorangpun para ulama besar yang riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syaikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak di antara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi.”
–ooOoo–
Diterbitkan di: o

Hukum Membangun Kuburan

Oleh: Syaikh Abdul Aziz Bin Baz
Pertanyaan:
Saya perhatikan di daerah kami sebagian kuburan dicor dengan semen seukuran panjang 1 m dan lebar 1/2 m, dan dituliskan padanya nama mayit, tanggal wafatnya, dan sebagian kalimat seperti: “Ya Allah berilah rahmat kepada Fulan bin Fulan…”, demikian. Apa hukum perbuatan semacam ini? Asy-Syaikh Abdul ‘Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullahu menjawab:
Tidak boleh membangun pada kubur, baik dengan cor ataupun yang lain, demikian pula menulisinya. Karena terdapat riwayat yang shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang larangan membangun di atas kuburan dan menulisinya. Al-Imam Muslim telah meriwayatkan dari hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kuburan dikapur, diduduki, dan dibangun.”
Al-Imam At-Tirmidzi dan yang lain meriwayatkan dengan sanad yang shahih dengan tambahan lafadz:

وَأَنْ يُكْتَبَ عَلَيْهِ
“dan ditulisi.”
Karena hal itu termasuk salah satu bentuk sikap berlebihan sehingga harus dilarang. Juga karena penulisan bisa menghantarkan kepada dampak yang parah berupa sikap berlebihan dan larangan-larangan syar’i lainnya. Yang diperbolehkan hanyalah mengembalikan tanah (galian) kubur tersebut dan ditinggikan sekitar satu jengkal sehingga diketahui bahwa itu adalah kuburan. Inilah yang sunnah dalam masalah kuburan dan ini yang dilakukan oleh Rasulullah n serta para sahabatnya radhiyallahu ‘anhum.

Tidak boleh pula menjadikan kuburan sebagai masjid (yaitu tempat untuk shalat atau shalat menghadapnya, pent.). Tidak boleh pula mengerudunginya atau membuat kubah di atasnya, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
لَعَنَ اللهُ الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُوْرَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ
“Allah melaknat Yahudi dan Nasrani karena mereka menjadikan kubur nabi-nabi mereka sebagai tempat ibadah.” (Muttafaqun ‘alaih)
Juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan Al-Imam Muslim dalam Shahih-nya dari sahabat Jundub bin Abdillah Al-Bajali radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda lima hari sebelum meninggalnya:
إِنَّ اللهَ قَدِ اتَّخَذَنِي خَلِيْلاً كَمَا اتَّخَذَ إِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلاً وَلَوْ كُنْتُ مُتَّخِذًا مِنْ أُمَّتِي خَلِيْلاً لاَتَّخَذْتُ أَبَا بَكْرٍ خَلِيْلاً، أَلاَ وَإِنَّ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ كَانُوا يَتَّخِذُوْنَ قُبُوْرَ أَنْبِيَائِهِمْ وَصَالِحِيْهِمْ مَسَاجِدَ، أَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا الْقُبُوْرَ مَسَاجِدَ، فَإِنِّي أَنْهَاكُمْ عَنْ ذَلِكَ
“Sesungguhnya Allah telah menjadikan aku sebagai kekasih-Nya sebagaimana menjadikan Ibrahim sebagai kekasih-Nya. Seandainya aku mau menjadikan seseorang dari umatku sebagai kekasihku tentu aku akan menjadikan Abu Bakr sebagai kekasihku. Ketahuilah bahwa orang-orang sebelum kalian telah menjadikan kubur nabi-nabi dan orang shalih mereka sebagai tempat ibadah. Ketahuilah, janganlah kalian menjadikan kubur-kubur sebagai masjid karena sesungguhnya aku melarang kalian dari perbuatan itu.”
Dan hadits-hadits yang semakna dengan ini banyak.
Aku memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar memberikan taufiq-Nya kepada muslimin agar berpegang teguh dengan Sunnah Nabi mereka dan tegar di atasnya, serta berhati-hati dari segala yang menyelisihinya. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Dekat.
(Mukhtarat min Kitab Majmu’ Fatawa Wa Maqalat Mutanawwi’ah, hal. 228-229)
Sumber: www.asysyariah.com

(Seorang Ulama) Mui Haramkan Menghormati Bendera

KH. A Cholil Ridwan, Lc
Ketua MUI Pusat, Pengasuh PP Husnayain Jakarta

Assalamu’alaikum. Semasa sekolah di Solo ada teman dikeluarkan dari sekolah karena tak mau hormat bendera saat upacara. Bagaimana hukum hormat bendera? Wassalam.

Sugiyarto, HP. 02196845094

Jawaban:
Mengenai hukum menghormati bendera, sejumlah ulama Saudi Arabia yang bernaung dalam Lembaga Tetap Pengkajian Ilmiah dan Riset Fatwa (Lajnah ad Daimah li al Buhuts al ‘Ilmiyyah wa al Ifta) telah mengeluarkan fatwa dengan judul ‘Hukum Menyanyikan Lagu Kebangsaan dan Hormat Bendera’, tertanggal 26 Desember 2003. Dalam fatwa tersebut dijelaskan bahwa tidak diperbolehkan bagi seorang muslim berdiri untuk memberi hormat kepada bendera dan lagu kebangsaan dengan alasan:

Pertama, Lajnah Daimah menilai bahwa memberi hormat kepada bendera termasuk perbuatan bid’ah yang harus diingkari. Aktivitas tersebut juga tidak pernah dilakukan pada masa Rasulullah saw ataupun pada masa Khulafa’ ar-Rasyidun. Kedua, menghormati bendera negara juga bertentangan dengan tauhid yang wajib sempurna dan keikhlasan didalam mengagungkan hanya kepada Allah semata.

Ketiga, menghormati bendera merupakan sarana menuju kesyirikan. Keempat, penghormatan terhadap bendera juga merupakan bentuk penyerupaan terhadap orang-orang kafir, mentaklid (mengikuti) tradisi mereka yang jelek serta menyamai mereka dalam sikap berlebihan terhadap para pemimpin dan protokoler-protokoler resmi. Padahal, Rasulullah Saw melarang kita berlaku sama seperti mereka atau menyerupai mereka.

Sementara itu, dalam buku Fatawa Syaikh Ibnu Jibrin, dijelaskan bahwa jika yang dimaksud dari hormat bendera adalah sebuah bendera yang sedang berkibar maka penghormatan semacam ini adalah perbuatan yang tidak diperbolehkan karena bendera adalah benda mati dan dalam penghormatan terdapat unsur mengagungkan. Sedangkan pengagungan tidaklah diperbolehkan untuk makhluk hidup. Lalu bagaimana lagi dengan benda mati yang tidak bisa memberi manfaat, tidak pula bisa mendengar?.

Jika cara penghormatan tersebut adalah ekspresi dari pengagungan terhadap benda mati maka hal itu termasuk kemusyrikan. Jika yang dimaksud dengan hormat bendera adalah menghormati orang yang membawa bendera atau semisalnya maka cara penghormatan yang benar adalah dengan ucapan salam bukan dengan yang lainnya.

Syaikh Shalih al Fauzan ketika menjawab pertanyaan seorang Kepala Sekolah apakah dia harus mengikuti instruksi untuk mengadakan upacara dan menghormati bendera, beliau menjawab: “Tidaklah diragukan bahwa ini adalah perbuatan maksiat sedangkan Nabi mengatakan, ‘Tidak ada ketaatan kepada makhluk jika untuk durhaka kepada sang pencipta’ (HR Ahmad). Jika anda memungkinkan untuk menghindari acara tersebut dan tidak ikut menghadirinya maka lakukanlah”.

Menurut Islam, penghormatan itu disyariatkan kepada sesama muslim dengan cara menyampaikan salam. Allah Swt berfirman, “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. an Nisa [04]: 86).

Rasulullah Saw bersabda, “Maukah kutunjukkan kepada kalian suatu amalan yang jika kalian kerjakan maka kalian akan saling mencintai. Amalan tersebut adalah sebarkanlah ucapan salam di antara kalian”.

Ucapan salam hanya diberikan kepada sesama kaum muslimin. Ucapan salam tidaklah diberikan kepada benda mati, lembaran kain atau semisalnya karena makna ucapan salam adalah doa agar terhindar dari mara bahaya atau salam merupakan salah satu nama Allah. Dengan ucapan salam tersebut seorang muslim mendoakan saudaranya agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan.

Sedangkan yang dimaksud dengan hormat bendera pada saat ini adalah berdiri dalam rangka memuliakan dan mengagungkan bendera. Inilah yang difatwakan oleh Lajnah Daimah sebagai perbuatan yang haram karena ‘berdiri’ di sini dilakukan dalam rangka pengagungan.

Jika ada yang mengatakan bahwa dengan menghormati bendera berarti kita menghormati simbol negara, maka jawabannya adalah kita menghormati negara dengan cara yang diajarkan oleh Allah. Yakni dengan mendengar dan taat pada aturan negara yang tidak bernilai maksiat dan sesuai syariat Islam serta mendoakan para aparatur negara agar selalu mendapatkan bimbingan dari Allah. Wallahua’lam bisshawab.

Sabtu, 02 Juli 2011

Seragam Siswa Jember Tarik Perhatian Luar Daerah by : Yulia Magdalena Roring | 2010-05-19

Seragam Siswa Jember Tarik Perhatian Luar Daerah
  by : Yulia Magdalena Roring | 2010-05-19

 Meski masih ada beberapa hal yang harus dibenahi dan disempurnakan, namun diakui atau tidak, empat tahun lebih memimpin Kabupaten Jember, program dan kebijakan yang dikeluarkan Bupati MZA Djalal, cukup mampu membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Jember. Hal yang paling nampak dari perubahan itu bisa dilihat pada pakaian yang digunakan siswa tingkat sekolah menengah pertama maupun atas.

Pelajar SMP dan SMA, utamanya kalangan siswi, yang semula biasa menggunakan pakaian (rok) sebatas lutut, bahkan di atasnya, sejak dikeluarkannya himbauan yang kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran (SE) dari Bupati Jember tersebut, mampu merubah kebiasaan cara berpakaian di kalangan siswa. Di kalangan siswa SMP, yang biasanya hanya menggunakan celana pendek, sejak dikeluarkannya SE oleh Bupati Jember, MZA Djalal, mendadak berubah dengan menggunakan celana panjang.

Demikian halnya di kalangan siswi SMP dan SMA, yang semula menggunakan rok pendek sebatas lutut atau di atasnya, berubah dengan menggunakan tok panjang. “Padahal waktu itu saya tidak mengeluarkan peraturan, tapi hanya surat edaran,” jelas Bupati Djalal, dalam acara Dialog Solutif Bedah Potensi Desa di lapangan Desa Biting, Kecamatan Arjasa, (24/3).

Tak dinyana, perubahan pakaian untuk seragam sekolah yang digunakan siswa dan siswi SMP dan SMA tersebut, ternyata mendapat perhatian dari daerah lain. Banyak kalangan dari luar daerah Jember, menilai seragam sekolah yang digunakan siswa siswi SMP SMA, sangat tepat, karena bisa menutupi sebagian aurat, utamanya perempuan.

Karena itu, mereka berusaha mencari tahu, resep dan cara apa yang digunakan Pemkab Jember, hingga mampu merubah kebiasaan cara berpakaian siswa dan siswi tersebut. Tidak sedikit diantara mereka yang terpaksa datang ke Jember hanya sekadar ingin tahu, sekaligus mempelajari kiat-kiat yang dilakukan Pemkab Jember.

“Orang dari luar daerah heran. Jember kok bisa merubah cara berpakaian siswa dan siswi. Dan ini merupakan satu-satunya di Indonesia, karena itu banyak yang heran,”lanjut Bupati Djalal.

Sekadar diketahui, imbauan Bupati Djalal yang disertai dengan SE berkaitan dengan pakaian yang digunakan siswa dan siswi SMP SMA ini, untuk pertama kalinya disampaikan pada acara Dialog Solutif Bedah Potensi Desa, Serial ke I, putaran ke 5 di lapangan olahraga Kecamatan Ledokombo, 15 Mei 2007 silam. Ketika itu Bupati Djalal, menyatakan, bahwa anak-anak yang duduk di bangku SMP, baik putra maupun putri tidak sama dengan beberapa tahun silam.

Dilihat dari sisi pisiknya, menurut bupati, siswa dan siswi saat ini terlihat besar layaknya orang dewasa. Nah karena itu, bupati menyarankan, ada baiknya kalau siswa SMP menggunakan celana panjang dan siswinya mengunakan rok di bawah lutut (panjang).

Imbauan yang kemudian diikuti dengan SE dari bupati ini, ternyata mendapat tanggapan positif dari kalangan orang tua murid dan guru sekolah. Seluruh siswa dan siswi ketika itu langsung mengganti pakaiannya, dari yang semula di atas lutut menjadi di bawah lutut (panjang).

sumber: jember post


Jumat, 01 Juli 2011

Pengumuman penting

Bismillah Assalamualaikum Qoddarallah untuk kajian rutin kitab Addurorulbahiyyah fi masaililfiqhiyyah pekan ini libur krn satu dan lain hal .harap maklum.